Tips Vegetarian

Seperti yang telah saya janjikan, ini dia:

Tips Bervegetarian:

1. Usahakan anda cukup asupan protein

Anda bisa mendapatkannya dari susu serta olahannya, kedelai dan olahannya, kacang-kacangan, telur (bagi yang vegetarian tapi masih memakan telur, bisa memilih telur negeri, karena telur kampung sudah terjadi proses pembuahan.)

Tidak cukup asupan protein dapat membuat anda kehilangan bobot badan (saya serius akan hal ini.) Makanya kalau anda memutuskan vegetarian, diharapkan benar-benar memerhatikan asupan gizi anda, ya : )

2. Cek pewarna yang ada di dalam produk makanan, minuman, serta kosmetik anda

Dewasa ini, ada suatu jenis pewarna makanan yang lumayan sering dipergunakan oleh para produsen makanan, minuman, serta kosmetik yang terbuat dari serangga.

Pewarna ini disebut pewarna Carmine/ Karmin/ Cochineal.

Pewarna itu terbuat dari kumpulan serangga Cochineal/ Carmine, lalu mereka dimasak dengan hidup-hidup atau dikeringkan, lalu dijadikan bubuk.

Dan biasanya pewarna ini berwarna merah.

Jadi, bila ingin memilih produk dengan warna merah, pink, atau ungu, bacalah ingredients/ bahan pembuatannya terlebih dahulu.

Pewarna ini namanya juga kerap dialiaskan sebagai Natural Red C#4, E120, C.I.75470, atau, kemungkinan di dalam tulisan ‘natural colors’ alias pewarna alami.’

Walaupun terkesan sepele, tapi ini demi menjaga etika vegetarian. Serangga-serangga itu dibunuh dengan malangnya hanya untuk dijadikan pewarna, karena itu sebaiknya kita lebih teliti.

Agar anda lebih mudah dan praktis dalam menentukan produk mana yang sesuai dengan pola hidup vegetarian, anda bisa memilih merk yang memang memastikan bahwa produk mereka sesuai dengan prinsip-prinsip vegetarian.

Di pasaran ada, kok. Dari makanan hingga kosmetik yang cocok dengan para penganut vegetarian.

3. Variatifkan menu anda

Jangan gara-gara anda keasyikan vegetarian (hehe, pengalaman pribadi), anda jadi melupakan empat sehat lima sempurna.

Misal, dulu saya hanya memakan sayur ditambah nasi, tapi kurang memerhatikan asupan susu sebagai sumber protein. Atau, memakan nasi, roti-roti tapi tak memakan buah-buahan.

Perhatikan asupan apa yang kurang dalam menu makanan anda. Dan jadilah vegetarian yang sehat. Ini adalah tanggung jawab kita sebagai vegetarian, agar orang-orang terdekat kita tidak khawatir dengan kita, dan malah dengan kondisi tubuh yang fit dan cemerlang (lebay) kita malah dapat turut memengaruhi mereka untuk bisa ikut pola makan bebas menyakiti makhluk lain ini, apalagi pola makan ini juga mendukung asupan buah, dan sayur.

4. No Gelatine

Gelatine/ gelatin adalah bahan makanan yang diambil daripada kolagen tubuh hewan (dari bagian kulit dan tulang) Misal: Sapi, dst. Biasanya terkandung dalam permen tipe kunyah, marshmallow, gelatine dessert, dan sebagian jenis yoghurt rendah lemak.

Bagi anda penggemar permen, yah, jangan khawatir dulu. Kan masih banyak tipe permen lain yang masih bisa dinikmati dan ga kalah enak. Contoh: permen hisap.

5. Yang ini biar kita tetep kuat dalam bervegetarian ; )

Ingat saja kalau dengan vegetarian kita ini, kita bisa mengurangi derita para hewan, menghindari karma buruk dari memakan mereka, menjaga pikiran lebih satvik agar lebih mudah dikendalikan.

Dan yang ga kalah pentingnya. Menu vegan juga banyak yang enak. (grin) asal rajin eksperimen dan nyari.

Note:

Di alamat-alamat website di bawah ini, ada tips bervegetarian yahud, sekaligus sejumlah artikel terkait dengan topik vegetarian dan gizi Coba dicek, ya, artikelnya bagus.

Vegetarian dan Saran Pemilihan Makanan Berdasarkan Gizi

Vegetarian dan Asam Urat

Vegetarian dan asupan protein

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: